Senin, 10 Oktober 2011

Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Pada Printer


I. Latar Belakang
Berkembangnya penggunaan komputer saat ini dirasa sangat pesat dan  sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Banyak pekerjaan manusia yang dapat diselesaikan oleh komputer, sehingga komputer menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Kerusakan  hardware komputer merupakan masalah yang muncul akibat dari penggunaan komputer tersebut. Sementara itu, terbatasnya ahli yang mampu menangani masalah ini sangat terbatas. Diperlukan suatu perkembangan teknologi yang mampu mengatasi masalah seperti ini.
Masalah ini menjadi alasan tersendiri bagi penulis untuk dapat membuat sebuah perangkat lunak yang mampu mendeteksi kerusakan pada hardware komputer dan juga mampu untuk menggantikan para ahli, Perangkat lunak tersebut seringkali disebut sebagai sistem pakar. Sistem pakar ini termasuk salah satu bagian dari kecerdasan buatan.

Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.

Dari pernyataan diatas, penulis mencoba untuk mengimplementasikan pikiran-pikiran pakar pada sebuah perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut akan mampu mendeteksi kerusakkan yang terjadi pada Printer dan juga akan memberikan solusi kepada user. Hardware-hardware dari komputer sering mengalami kerusakan. Salah satu contohnya adalah kerusakkan pada printer.
Kerusakkan yang terjadi bisa saja merupakan kerusakkan kecil dan juga besar. Kadang karena pengetahuan kita yang minim kita tidak dapat memperbaiki kerusakkan kecil yang terjadi pada printer. Oleh karena itu, dalam sistem pakar ini kami akan membuat sebuah aplikasih Kerusakan Printer, dimana aplikasih tersebut akan membantu user untuk menemukan penyebab kerusakkan dan juga dapat memperbaiki kerusakkan-kerusakkan tersebut.


II. Tujuan
1. Membuat sebuah perangkat lunak untuk mendeteksi penyebab-penyebab kerusakkan hardware khususnya Printer.
2. Membatu user untuk memperbaiki kerusakkan yang terjadi pada Printer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar