Senin, 12 September 2011

Tugas-1 Sistem Pakar (Resume)


Konsep Dasar dan Heuristik Search

Konsep Dasar
Sistem Pakar adalah : Sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli.


Pakar adalah : Seseorang yang mampu menjelaskan suatu tanggapan, mempelajari hal-hal baru seputar topik permasalahan, menyusun kembali pengetahuan jika dipandang perlu, memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.



Suatu sistem pakar disusun oleh tiga modul utama yaitu :

1. Modul Penerimaan Pengetahuan (Knowledge Acquisition Mode)
Sistem berada pada modul ini, pada saat ia menerima pengetahuan dari pakar. Proses    mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan yang akan digunakan untuk pengembangan sistem, dilakukan dengan bantuan knowledfe engineer. Peran knowledge engineer adalah sebagai penghubung antara suatu sistem pakar dengan pakarnya.

2. Moul Konsultasi (Consultation Mode)
Pada saat sistem berada pada posisi memberikan jawaban atas permasalahan yang diajukan oleh user, sistem pakar berada dalam modul konsultasi. Pada modul ini user berinteraksi dengan sistem dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sistem.

3. Modul Penjelasan (Explanation Mode)
Modul ini menjelaskan proses pengambilan keputusan oleh sistem (bagaimana suatu keputusan dapat diperoleh).

Terdapat beberapa teknik representasi pengetahuan yang biasa digunakan dalam pengembangan suatu sistem pakar, yaitu :


1. Rule-Based Knowledge
Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk fakta dan aturan (rules). Bentuk representasi ini terdiri atas premise dan kesimpulan.

2. Frame-Based Knowledge
Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk hirarki atau jaringan frame.

3. Object-Based Knowledge
Pengetahuan direpresentasikan sebagai jaringan dari obyek-obyek. Obyek adalah elemen data yang terdiri dari data dan metoda (proses).

4. Case-Based Reasoning
Pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk kesimpulan kasus (cases).


Sistem pakar mengandung :
  • Keahlian
  • Ahli / Pakar
  • Pengalihan keahlian
  • Mengambil Keputusan
  • Aturan
  • Kemampuan menjelaskan (memberi saran, rekomendasi).
Manfaat Sistem Pakar
  1. Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
  2. Bisa melakukan proses secara berulang otomatis.
  3. Menyimpan pengetahuan.
  4. Tidak memerlukan biaya saat tidak digunakan.
  5. Dapat digandakan sesuai kebutuhan dengan waktu yang minimal dan sedikit biaya.
Contoh penggunaan sistem pakar :
    Nama program : MYCIN
    Paling terkenal, dibuat oleh edward shortlife of standford university tahun 70an.
    Sistem pakar mecical yg bisa mendiagnosa penyakit infeksi dan merekomendasi pengobatan. MYCIN membantu dokter mengidentifikasi pasien yang menderita penyakit. Dokter duduk di depan komputer. MYCIN sebagai penasehat medis, tidak dimaksudkan untuk menggantikan kedudukkan seorang dokter. Juga untuk membantu dokter dalam mengkonfirmasi diagnosa.




    Teknik Pencarian Heuristik (Heuristic Searching)

    Heuristik adalah : Sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam prosen pencarian, namun dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (comlereness).

    Untuk dapat menerapkan heuristik tersebut dengan baik dalam suatu domain tertentu, deperlukan suatu Fungsi Heuristik.
    Fungsi Heuristik ini digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan masalah individual dan menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.

    Jenis -jenis Heuristic Searching :
    • Generate and Test (Pembangkit dan Pengujian)
    • Hill Climbing (Pendakian Bukit)
    • Best First Search (Pencarian Terbaik Pertama)
    1. GENERATE AND TEST
    • Penggabungan antara depth first search dengan pelacakan mundur (backtracking).
    • Nilai Pengujian berupa jawaban 'ya' atau 'tidak'
    • Jika pembangkit possible solution dikerjakan secara sistimatis, maka prosedur akan mencari solusinya, jika ada.
    Contoh kasus :

    Seorang salesman ingin mengunjungi n kota. Jarak antara tiap-tiap kota sudah diketahui. Kita ingin mengetahui rute terpendek dimana setiap kota hanya boleh dikunjungi tepat 1 kali. Misal ada  4 kota (a,b,c,d ) dengan jarak antara tiap-tiap kota seperti berikut :

    • a-b =8
    • b-c =5
    • c-d =6
    • d-a =7
    • a-c =3
    • b-d =4
    dengan menyusun kota-kota dalam urutan abjad, misal : a-b-c-d = 19


    2. HILL CLIMBING
    Hampir sama dengan Generate and Test, perbedaan terjadi pada feedback dari prosedur test untuk pembangkitan keadaan berikutnya.
    Tes yang berupa fungsi heuristik akan menunjukkan seberapa baik nilai terkaan yang diambil terhadap keadaan lain yang mungkin.


    3. BEST-FIRST-SEARCH
    Merupakan suatu cara yang menggabungkan keuntungan atau kelebihan dari pencarian Breadth-Firs search dan Depth-First search. Fungsi Heuristik yang digunakan merupakan perkiraan (estimasi) cost dari initial state ke goal state, yang dinyatakan dengan :

    • f= g + h
    dimana 
    f = prakiraan cost dari initial ke goal
    g = cost dari initial state ke current state
    h = prakiraan cost dari current state ke goal state





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar